Selasa, 15 November 2011

Hari Pahlawan

10 November sering disebut sebagai Hari Pahlawan. Setiap sekolah pasti mengadakan upacara bendera untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah berjuang untuk membela bangsa dan negara Indonesia.
Hari Pahlawan berawal dari Pertempuran yang berada di Kota Surabaya pada tahun 1945. Didalam pertempuran itu para pahlawan berjuang untuk melindungi bangsa Indonesia , banyak dari mereka yang gugur.
Dan ini termasuk suatu pertempuran terbesar dan terberat dalam sejarah Revolusi Nasional Indonesia yang menjadi simbol nasional atas perlawanan Indonesia terhadap kolonialisme.
Penyebab terjadinya pertempuran berawal dari Kedatangan Tentara Jepang ke Indonesia hingga Kematian Brigadir Jenderal Mallaby dan munculnya perdebatan tentang pihak penyebab baku tembak.
Dan mulai dari situlah muncul istilah Ultimatum 10 November 1945 yang berisi bahwa semua pimpinan dan orang Indonesia yang bersenjata harus melapor dan meletakkan senjatanya di tempat yang ditentukan dan menyerahkan diri dengan mengangkat tangan di atas.
Ini dianggap sebagai penghinaan bagi para pejuang dan rakyat Indonesia lalu rakyat Indonesia menolak ultimatum tersebut.
Tentara Inggris mulai mengebom pemerintahan di Kota Surabaya hingga membuat ribuan penduduk terluka dan meninggal.
Pertempuran skala besar ini mencapai waktu sampai tiga minggu, sebelum seluruh kota Surabaya akhirnya jatuh di tangan pihak Inggris.
Dan sampai sekarang banyaknya pahlawan yang gugur telah dikenang sebagai Hari Pahlawan atau Heroes Day.
Dan setiap daerah memiliki taman makam pahlawan yang masih tertata rapi dan bersih untuk mengenang jasa para pahlawan.
Jika kita ingin mengenang jasa para pahlawan ikutilah upacara bendera setiap tanggal 10 November dan sekali - sekali berkunjung ke taman makam pahlawan serta doakanlah mereka ^^
Kita harus berani mencoba untuk meneladani sikap para pahlawan yang telah membantu untuk melindungi bangsa Indonesia sesuai dengan tujuan bangsa Indonesia yaitu melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia .

orang tawanan dari Indonesia

Bung Tomo yang memperjuangkan untuk membela bangsa dan negara Indonesia agar tetap merdeka

bapak Presiden SBY berkunjung ke Taman Makam Pahlawan untuk mengenang jasa para pahlawan Indonesia

~ Tetaplah membela bangsa Indonesia disaat apapun kita, dukung Indonesia dalam segala hal ..
   Always Keep SmiLe :)
   Because GOD always be with us ^^
GBU aLL ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar